Fungsi Karburator

Fungsi Karburator – Ini adalah fungsi karburator yaitu komponen untuk pengolahan udara dan bahan bakar sebuah mesin dalam proses pembakaran. Fungsi karburator merupakan untuk mengabutkan olahan bakar yang telah dicampur dengan udara bersih, sampai-sampai diperoleh perbandingan yang sempurna, yang setelah itu disemprotkan pada ruang bakar (combustion chamber).

Karburator masih dipakai dalam mesin kecil dan dalam mobil tua atau jikalau anda menciptakan saat Tips Membeli Mobil sisa ataupun khusus seperti yang dirancang untuk balap mobil stok. Kebanyakan mobil yang dibuat pada awal 1980-an telah memakai injeksi olahan bakar elektronik terkomputerisasi. kebanyakan sepeda motor di sini masih memakai karburator disebabkan lebih ringan dan murah, namun pada 2005 sudah banyak model baru diperkenalkan dengan injeksi olahan bakar.

Dengan perbandingan yang benar maka kendaraan akan mencapai performa dan kecepatan maksimal. Setting karburator motor ataupun melaksanakan cara seperti Rental Mobil Semarang yang mana dilakukan oleh mereka yang ahli di bidangnya. Namun demikian anda tetap mampu mempelajarinya.

Cara kerja karburator: Secara umum prinsip ataupun cara mengecek kehancuran pada mesin karburator pada mobil atau Sewa bis Pariwisata Jepara simpel. saat mesin distater ataupun di engkol (sepeda motor) maka piston akan bergerak maju mundur. Pada gerakan mundur adalah gerakan hirup yang berarti menghisap udara didepannya (sistem karburator), sampai-sampai dengan sendirinya olahan bakar + udara bersih akan terhisap. Bersamaan dengan itu pemantik (busi) akan menyala, sampai-sampai terjalin pembakaran diruang mesin dan melaksanakan/mendesak piston. peristiwa ini terjalin berulang ulang, semakin besar gas ditekan maka semakin kilat putaran piston.

1. Putaran Mesin (Rpm) Yang Lemah

Saat menarik tuas gas hingga seperempat dari dimensi sepatutnya, putaran mesin ternyata tidak ingin naik. walhasil motor disini seperti susah untuk dijalankan. Hal ini terjalin karena olahan bakar yang masuk ke lubang venturi karburator sedikit, kebalikannya suplai udara yang masuk lebih banyak.

Solusinya:

Agar kombinasi udara dan olahan bakar balance, kebalikannya gunakanlah jarum skep (throttle) yang berdimensi lebih kecil. Agar udara yang masuk ke venturi mampu ditekan kokoh ke arah ruang bakar, putarlah skep setelan udara ke arah jarum jam ataupun mengencangkannya.

2. Mesin Kendaraan Tersendat-Sendat

Hal ini disebabkan kombinasi olahan bakar yang ada di venture (lubang karburator) dengan udara tidak balance/tidak cukup banyak. sampai-sampai mempengaruhi pada proses pembakaran. Inilah kenapa motor jadi mrebet. Karena hentakan tenaga untuk mendesak piston juga lemah hasil dari pengaruh diatas.

Solusinya:

Untuk mempermudah dan memperbanyak suplai udara kedalam mesin Mobil atau untuk Sewa travel demak dengan olahan bakar, putarlah setelan sekrup udara searah jarum jam ataupun arah menutup. Posisi pilot jet pindahkan ke tingkatan yang lebih besar. Untuk membuat kombinasi udara dan olahan bakar di venturi yang akan disemburkan ke ruang bakar mesin lebih besar, hendaknya lekas ubah jarum skep ataupun throttle dengan jarum yang memiliki diameter lebih kecil.

3. Tarikan Performa lemah

Tarikan lemah ini diakibatkan oleh kombinasi olahan bakar dan udara yang tidak sempurna (kering). Untuk menanggulangi hal tersebut, gantilah main jet dengan dimensi yang lebih besar.

4. Motor keluarkan Asap Hitam

Jika Mobil, Motor atau Sewa bis Medium pariwisata banyak keluarkan asap hitam, maksudnya karburator tersebut sangat basah. Hal ini terjalin karena suplai olahan bakar ke lubang venturi sangat banyak dari takaran yang sepatutnya. Dan berbanding terbalik dengan udara yang masuk sangat sedikit.

Solusinya:

Untuk memperbanyak udara di venturi, putarlah sekrup setelan udara ke luar ataupun ke arah melepas. Gantilah lekas Anti pilot jet ke nomor yang lebih kecil. Gantilah jarum skep (throttle) dengan jarum yang berdimensi lebih besar.

5. Tenaga Mesin menyusut (ngedrop) dan Kecepatan Melemah

Jika tenaga mesin ngedrop dan kecepatan melemah, hal ini terjalin karena kombinasi udara dan bahan bakar pada karburator sangat banyak ataupun melebihi takaran yang semestinya. Kondisi seperti ini lazimnya disebut banjir.

Solusinya:

lekas lepas karburator dan lakukanlah penyetelan pada jarum pencampuran udara dan olahan bakar. Gunakanlah main jet berdimensi kecil agar pencampuran udara dan olahan bakarnya lebih sempurna lagi. tidak hanya itu, janganlah lupa untuk melepas busi dan membersihkan bagian kepalanya serta lakukanlah penyetelan terhadap jarak antara pemantik busi dengan sumbu agar proses pengapian lebih baik lagi.

 

Cara Kerja Karburator

Karburator harus menciptakan kombinasi udara- bahan bakar yang sesuai dengan bermacam kondisi kerja karena perubahan-perubahan pembebanan, kecepatan putaran motor, ataupun daya yang dihasilkan. Banyak dan ketepatan kombinasi bahan bakar dan udara sa ngat menentukan kestabilan kerja motor, kebutuhan bahan bakar, kesempurnaan pembakaran dalam ruang bakar, dan juga pengaruhi mutu di gas buang nya. Pembakaran sempurna mampu menciptakan ke butuhan bahan bakar paling murah dan pancaran di gas buang paling sedikit.

Sebuah mesin membutuhkan kombinasi saat pertama ka li dihidupkan, paling utama di pagi hari di masa dingin. Untuk tujuan ini, sebuah karburator membutuhkan katup cuk choke, pencekik) ataupun terlebih lagi karburator starter ekstra. Karburator juga harus mampu menja ga kondisi kecepatan stasioner apabila motor dihidupkan tanpa beban, saat kopling dilepaskan ataupun sehabis pe ngereman tiba-tiba. Pada kecepatah wajar, karburator harus mampu menciptakan kombinasi udara dan bahan bakar yang paling murah.

Secara umum karburator terdiri atas fcmpat bagian, ialah rubrik pelampung, taburig ventuiri, katup cuk, dan katup penutup. tidak hanya itu, karburator juga dileng kapi pompa akselerator (percepatan) yang bekerja memperkaya kombinasi bahan bakar-udara secara otomatis apabila katup gas dibuka penuh secara tiba-tiba untuk menciptakan daya maksimum sesaat.

Ruang Pelampung adalah tangki kecil penyimpan bahan bakar di dalam karburator. Ruang ini berfungsi untuk menaruh beberapa bahan bakar siap pakai di dalam karburator. Sewaktu ruang ini penuh bahan bakar, pelampung akan mengapung di bagian atas dan sebuah katup secara otomatis menutup lubang sa luran masuk bahan bakar. sepanjang mesin berputar pada waktu bahan bakar dipakai, di ruang pelampung berkurang dan pelampungnya turun, sampai-sampai katup saluran masuk bahan bakar terbuka kembali. Dan bahan bakar mengalir ke ruang pelampung lagi.

Tabung Venturi merupakan tempat pencampuran bahan bakar dan dengan campuran udara. Udara masuk ke dalam tabung melalui saringan udara yang membatasi masuknya debu dan kotoran. Bahan bakar mengalir dari ruang pelampung ke tabung venturi melalui beberapa nozel slow jet.

Bagian kecil tabung venturi menimbulkan aliran udara yang lewat meningkat kecepatannya dan berkurang tekanannya. Pengurangan tekanan udara menciptakan ruang hampa yang menarik bahan bakar dari nozel ke dalam venturi. Nozel utama memasok lebih banyak bahan bakar ke dalam tabung venturi diban ding kecepatan mesin. saat terjalin percepatan men dadak, pompa, yang berhubungan dengan akselerator, mensuplai ketiadaan bahan bakar. saat putaran mesin sangat rendah, ruang hampa di venturi bagian  bawah tidak cukup kokoh untuk menghirup bahan bakar dari nozel utama. Namun gerakan piston di dalam mesin menciptakan ruang hampa yang menyedot bahan bakar dari nozel ekstra.

Panas mesin menguapkan cairan bahan bakar di da lam venturi. Uap bahan bakar bercampur udara di dalam tabung dan kombinasi udara-bahan bakar mengalir keluar dari karburator mengarah ke saluran masuk mesin. Saluran membagi-bagi kombinasi menuju silinder-silinder mesin.

Katup Cuk mengatur atau mencampur udara dan bahan bakar yang masuk kedalam karburator. Katup cuk dipasang antara alat saring udara dan tabung venturi. Di sebagian besar mobil, cuk dikendalikan secara otomatis oleh temperatur mesin. Mesin dingin membutuhkan lebih banyak bahan bakar dan sedikit udara untuk melangsungkan mesin. Karena itu, saat mesin dingin, cuk ditutup agar mempersedikit udara yang masuk ke karburator sehingga bahan bakar yang di peroleh mesinlebih banyak.

Katup Penutup mengatur jumlah bahan bakar beserta udara yang masuk ke saluran ruang pembakaran. Katup penutup berada di antara nozel utama dan nozel pem bantu tabung venturi. Terbukanya katup penutup menyebabkan kombinasi bahan bakar-udara yang mengalir ke dalam mesin lebih banyak, sampai-sampai ke cepatan mesin lebih besar dan mobil berjalan lebih kilat. Pengemudi menekan pedal gas untuk membuka katup penutup dan membebaskan untuk menutupnya kembali.

Additional Tag:

Leave a Comment